Menggali Prinsip-Prinsip dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Transformatif: Membangun Kesadaran Spiritual dan Kemandirian Berpikir
Abstract
Keywords: transformative; spiritual; contextual,.
Abstrak:
Artikel ini bertujuan untuk menggali prinsip-prinsip dan model pembelajaran pendidikan Agama Islam yang transformatif dalam membantu membangun kesadaran spiritual dan kemandirian berpikir pada siswa. Dalam konteks pendidikan Agama Islam, pendekatan transformatif penting untuk menghasilkan pengalaman pembelajaran yang mendalam dan signifikan bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan meliputi tinjauan literatur dan analisis kualitatif terhadap pendekatan pembelajaran yang telah dikembangkan dan diimplementasikan di berbagai lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa prinsip kunci yang harus diterapkan dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam yang transformatif, termasuk pengalaman langsung, refleksi, dialog, dan tindakan nyata. Selain itu, model pembelajaran yang efektif mencakup penggunaan metode interaktif, pendekatan kontekstual, dan pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi. Implementasi prinsip-prinsip dan model-model ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai Islam, memperkuat ikatan spiritual mereka, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan mandiri.
Kata Kunci: transformatif, spiritual;, kontekstual.
Full Text:
PDFReferences
REFRENSI
Bahtiar, A. R. (2016). PRINSIP-PRINSIP DAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.368
Bangun, K., & Hamami, T. (2022). PENDEKATAN REKONSTRUKSI SOSIAL DALAM PENGEMBANAGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i2.206
BUKU-Metodologi-Penelitian—Cover.pdf. (n.d.). Retrieved June 1, 2023, from https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/345235/BUKU-Metodologi-Penelitian---cover.pdf
Desain Pembelajaran PAI Di Sekolah | Jurnal Pendidikan Indonesia. (n.d.). Retrieved June 3, 2023, from https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/1635
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.58230/27454312.73
Mahmuddin, M. (2018). IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI 7 BARANTI.
Metode Pembelajaran PAI.pdf. (n.d.). Retrieved June 3, 2023, from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/14942/1/Metode%20Pembelajaran%20PAI.pdf
Model-model pembelajaran sains konstruktivistik / Prof. Dr. I Wayan Sadia, M.Pd. | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved June 3, 2023, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1153267
M.Pd, D. A. R., M. Pd Editor: Dr NURHADI, S. Pd I. ,. S. E. Sy ,. S. H. ,. M. Sy ,. MH. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RISET. GUEPEDIA.
Pendekatan saintifik dalam pembelajaran pai / Muhammad Kurdi Ashidiq, M.Pd; editor, Moh. Nasrudin; | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved June 3, 2023, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1213357
Prof. Dr. H. Muhaimin, M. A. (2001). Perbincangan Tentang Pendidikan Islam Di Indonesia. STAIN Malang.
Rusdiana, A. (2014). INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI. JURNAL ISTEK, 8(2), Article 2. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/224
Shofiyah, S. (2018). Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.464
SULAIMAN_METODOLOGI-PEMBELAJARAN-PAI,.pdf. (n.d.). Retrieved June 3, 2023, from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2028/1/SULAIMAN_METODOLOGI-PEMBELAJARAN-PAI,.pdf
Suteja, & Akhmad Affandi, A. A. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan (M. Muslihudin, Ed.; Vol. 1). CV. ELSI PRO. http://repository.syekhnurjati.ac.id/3121/web.syekhnurjati.ac.id
Yuniendel, R. K., & Trinova, Z. (2021). MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i1.3431
DOI: https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.427
DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.427.g64
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All works are licensed under CC BY-SA
Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak