Menggali Prinsip-Prinsip dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Transformatif: Membangun Kesadaran Spiritual dan Kemandirian Berpikir

Efridawati Harahap

Abstract


AbstractThis article aims to explore the principles and models of transformative Islamic religious education (PAI) learning in fostering spiritual awareness and independent thinking among students. In the context of Islamic education, a transformative approach is crucial to generate deep and meaningful learning experiences for students. The research methods employed include literature review and qualitative analysis of the learning approaches that have been developed and implemented in various educational institutions.The findings reveal several key principles that should be applied in transformative PAI learning, including direct experience, reflection, dialogue, and real-world action. Furthermore, effective learning models encompass the use of interactive methods, contextual approaches, and the integration of information and communication technology. The implementation of these principles and models is expected to help students develop a deeper understanding of Islamic values, strengthen their spiritual bonds, and cultivate critical and independent thinking abilities. 

Keywords: transformative; spiritual; contextual,.

 

Abstrak:

Artikel ini bertujuan untuk menggali prinsip-prinsip dan model pembelajaran pendidikan Agama Islam yang transformatif dalam membantu membangun kesadaran spiritual dan kemandirian berpikir pada siswa. Dalam konteks pendidikan Agama Islam, pendekatan transformatif penting untuk menghasilkan pengalaman pembelajaran yang mendalam dan signifikan bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan meliputi tinjauan literatur dan analisis kualitatif terhadap pendekatan pembelajaran yang telah dikembangkan dan diimplementasikan di berbagai lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa prinsip kunci yang harus diterapkan dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam yang transformatif, termasuk pengalaman langsung, refleksi, dialog, dan tindakan nyata. Selain itu, model pembelajaran yang efektif mencakup penggunaan metode interaktif, pendekatan kontekstual, dan pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi. Implementasi prinsip-prinsip dan model-model ini diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai Islam, memperkuat ikatan spiritual mereka, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan mandiri.

 

Kata Kunci: transformatif, spiritual;, kontekstual.

Full Text:

PDF

References


REFRENSI

Bahtiar, A. R. (2016). PRINSIP-PRINSIP DAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.368

Bangun, K., & Hamami, T. (2022). PENDEKATAN REKONSTRUKSI SOSIAL DALAM PENGEMBANAGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i2.206

BUKU-Metodologi-Penelitian—Cover.pdf. (n.d.). Retrieved June 1, 2023, from https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/345235/BUKU-Metodologi-Penelitian---cover.pdf

Desain Pembelajaran PAI Di Sekolah | Jurnal Pendidikan Indonesia. (n.d.). Retrieved June 3, 2023, from https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/1635

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.58230/27454312.73

Mahmuddin, M. (2018). IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI 7 BARANTI.

Metode Pembelajaran PAI.pdf. (n.d.). Retrieved June 3, 2023, from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/14942/1/Metode%20Pembelajaran%20PAI.pdf

Model-model pembelajaran sains konstruktivistik / Prof. Dr. I Wayan Sadia, M.Pd. | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved June 3, 2023, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1153267

M.Pd, D. A. R., M. Pd Editor: Dr NURHADI, S. Pd I. ,. S. E. Sy ,. S. H. ,. M. Sy ,. MH. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RISET. GUEPEDIA.

Pendekatan saintifik dalam pembelajaran pai / Muhammad Kurdi Ashidiq, M.Pd; editor, Moh. Nasrudin; | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved June 3, 2023, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1213357

Prof. Dr. H. Muhaimin, M. A. (2001). Perbincangan Tentang Pendidikan Islam Di Indonesia. STAIN Malang.

Rusdiana, A. (2014). INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI. JURNAL ISTEK, 8(2), Article 2. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/224

Shofiyah, S. (2018). Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.464

SULAIMAN_METODOLOGI-PEMBELAJARAN-PAI,.pdf. (n.d.). Retrieved June 3, 2023, from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2028/1/SULAIMAN_METODOLOGI-PEMBELAJARAN-PAI,.pdf

Suteja, & Akhmad Affandi, A. A. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan (M. Muslihudin, Ed.; Vol. 1). CV. ELSI PRO. http://repository.syekhnurjati.ac.id/3121/web.syekhnurjati.ac.id

Yuniendel, R. K., & Trinova, Z. (2021). MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i1.3431




DOI: https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.427

DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.427.g64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak

Alamat: Jl. Mandailing Km 37 Desa Aek Badak Julu Kec. Sayur Matinggi, kode pos 22774, Kab. Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara