Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Tema “Indahnya Saling Menghargai Perbedaan Suku dan Budaya dengan Model Problem Based Learning (PBL)

Mirza Alhamdan Rambe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi "Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman" di SDN 54 Aek Batu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebelum penerapan model PBL, hasil belajar siswa belum memenuhi kriteria standar ketuntasan minimal (KKM). Namun, setelah penerapan model PBL, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 66, dengan 50% siswa mencapai nilai di atas 70. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama memperoleh skor 60 dan pada pertemuan kedua 70. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa meningkat lagi menjadi 78,92, dengan 87,5% siswa mencapai nilai di atas 70. Hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama di siklus II memperoleh skor 76,6 dan pada pertemuan kedua 90. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V.

Keywords


Learning Achievement; Problem Based Learning (PBL); Ethnic and Cultural Differences

Full Text:

PDF

References


Dariyo, Agoes. (2013). Dasar-Dasar Pedagogik Modern. Jakarta: PT. Indeks.

Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Li, S., & Deng, W. (2022). Deep Facial Expression Recognition: A Survey. IEEE Transactions on Affective Computing, 13(3), 1195–1215. https://doi.org/10.1109/TAFFC.2020.2981446

Majid, Abdul. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.

Nurjamal, Daeng. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Poerwodarminto, W.J.S. (1991). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Qodratillah, Meity Taqdir. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Sudjana, Nana. 2012. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.




DOI: https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i1.805

DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i1.805.g178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mirza Alhamdan Rambe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak

Alamat: Jl. Mandailing Km 37 Desa Aek Badak Julu Kec. Sayur Matinggi, kode pos 22774, Kab. Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara