Manajemen Pimpinan Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di PPS Islamiyah Padang Bujur
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Manajemen Pimpinan Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di PPS Islamiyah Padang Bujur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan informasi atau data berkaitan dengan manajemen Pimpinan Pondok Pesantren dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada PPS Islamiyah Padang Bujur. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Menganalisis data dengan mengumpulkan data, mengelola data, kemudian mendeskripsikannya secara sistematis. Hasil dari manajemen Pimpinan Pondok Pesantren dalam meningkatkan mutu pembelajaran di PPS Islamiyah Padang Bujur adalah Pimpinan Pondok Pesantren mengadakan pertemuan untuk merencanakan program tahunan, lalu hasil pertemuan tersebut akan disosialisasikan kepada guru, siswa, orang tua dan komite sekolah. Kemudian dalam proses pembelajaran kepala sekolah menyarankan hal tersebut guru menggunakan metode bervariasi, disiplin masuk kelas jadwal, adanya akuntabilitas pekerjaan, peningkatan kinerja guru terhadap pembelajaran bisa dilihat melalui peningkatan kualitas pengajaran, peningkatan prestasi akademik, motivasi dan keterlibatan siswa, peningkatan keterampilan hidup, percaya diri dan motivasi siswa, dan peningkatan iklim sekolah yang positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31.https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Handoyo, T. Hani, (2003), Manajemen Edisi 2,, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Juhji, J. 2016. “Peran Urgen Guru dalam Pendidikan”. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Kependidikan. 10 (1): 52-62 Tahun 2016.
Mulyasa, E, 2005 Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Samsudin, Sadili. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.
Suhardan, 2010. Supervisi Profesional Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pengajaran di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.
Sewang, Anwar. 2015. Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.
Syukur NC, Fatah. 2005. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail
DOI: https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i2.569
DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i2.569.g158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Saipul Rijai

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All works are licensed under CC BY-SA
Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak