Etika Bermedia Sosial
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media sosial yang baik dan benar menurut perspektif Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan jurnal ini adalah dengan menggunakan literature review dimana peneliti mengumpulkan bahan-bahan untuk keperluan penelitian yang diperoleh dari artikel-artikel dalam sistem jurnal online untuk menggali bagaimana media praktis dari perspektif Islam. Jelaskan bagaimana menjadi efektif dan efisien. Diskusi penelitian. Dalam menyajikan data, peneliti mengumpulkan data dari jurnal dan artikel, berfokus pada penyajian data secara deskriptif, dan pada bagian terakhir melakukan sosialisasi dari perspektif Islam terhadap isu etika media. Selanjutnya setelah dilakukan konfirmasi artikel-artikel tersebut disusun secara sistematis berdasarkan klasifikasi yang ada dan terakhir memberikan kesimpulan atas analisis yang telah dilakukan secara deskriptif. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah masih banyak masyarakat yang tidak mengamalkan dan menerapkan syariat Islam ketika menggunakan media sosial atau berinteraksi dengan orang lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiansyah, N. M. (1386). etika komunikasi islami dimedia sosia dalam perspektif al quran dan pengaruhnya terhadap keutuhan negara. 1. http://dx.doi.org/10.22373/jp.v4i1.8935
Jasri, J., Haswan, F., Al-Hafiz, N. W., Siregar, M. H., Aprizal, A., Nopriandi, H., Harianja, H., Syam, E., Erlinda, E., Chairani, S., & Nazli, R. (2022). Teknologi Dan Pemanfaatan Media Sosial Dalam Perspektif Islam. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 128–132. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v2i1.2452
Kosanke, R. M. (2019). FIKIH MEDIA SOSIAL DI INDONESIA (STUDI ANALISIS FALSAFAH HUKUM ISLAM DALAM KODE ETIK NETIZMU MUHAMMADIYA. 6(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
Parhan, M., Jenuri, J., & Islamy, M. R. F. (2021). Media Sosial dan Fenomena Hoax: Tinjauan Islam dalam Etika Bekomunikas. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 59–80. https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12887
Pasa, M., Wirakusumah, R. S., Azzahra, A. C., Ayuningtyas, T., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan PODMI Sebagai Sarana Menyebarluaskan Pemahaman Etika Bersosial Media dalam Perspektif Islam di Masyarakat. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 838. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1103
Wicaksana, A. (2016). 済無etka berinteraksi menurut pandang islam. Https://Medium.Com/, 1(2). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
DOI: https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i2.365
DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i2.365.g121
Refbacks
- There are currently no refbacks.