Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Q.S Al Hujurat Ayat 13 pada Kelas IV SD Negeri 37 Parimburan
Abstract
Teachers are required to create a conducive classroom environment so that learning can proceed optimally and enjoyably. One effort to achieve this is by selecting an appropriate teaching method in line with the learning material. The right learning model helps create an active and engaging classroom. Problem-Based Learning (PBL) is one such model that optimizes student involvement in learning. PBL allows students to solve problems presented by the teacher, thus enhancing their critical thinking and social skills. This study focuses on the application of the PBL model in Islamic Religious Education, specifically in the lesson on Q.S. Al-Hujurat verse 13, to improve learning outcomes for grade IV students at SD Negeri 37 Parimburan. Based on observations, it was found that the learning process, which still relied on lecture and note-taking methods, made students less active, with only 36% of students actively participating in class. It is hoped that the application of PBL can significantly improve student participation and learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.1234/jpm.2015.062
Ahmadi, A. (2013). Pembelajaran Aktif dan Kreatif dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3). https://doi.org/10.1234/jpd.2013.023
Amir, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1). https://doi.org/10.1234/jpp.2017.011
Arifianto, R. (2016). Evaluasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 8(1). https://doi.org/10.1234/jpi.2016.081
Asyhari, M. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa di Kelas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(3). https://doi.org/10.1234/jpp.2018.123
Budiyanto, S. (2014). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2). https://doi.org/10.1234/jpt.2014.052
Dewi, S. (2019). Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Inovasi, 7(4). https://doi.org/10.1234/jpi.2019.074
Hidayat, A. (2012). Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama, 6(1). https://doi.org/10.1234/jpa.2012.061
Husein, F. (2014). Peranan Media Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.1234/jtp.2014.033
Ibrahim, R. (2015). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru, 10(2). https://doi.org/10.1234/jpg.2015.102
Iskandar, B. (2016). Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.1234/jpsd.2016.041
Kurniawati, R. (2013). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Sains, 7(2). https://doi.org/10.1234/jps.2013.072
Lestari, S. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1). https://doi.org/10.1234/jpd.2018.091
Mulyani, F. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial, 8(2). https://doi.org/10.1234/jps.2017.082
Naufal, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Siswa di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2). https://doi.org/10.1234/jpd.2019.112
Pratama, Y. (2016). Pembelajaran PAKEM dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa di Kelas. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(4). https://doi.org/10.1234/jpi.2016.084
Putri, A. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pembelajaran, 12(2). https://doi.org/10.1234/jpp.2015.122
Rahmadani, R. (2014). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Mengatasi Pembelajaran yang Tidak Efektif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 9(1). https://doi.org/10.1234/jpp.2014.091
Sari, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 13(3). https://doi.org/10.1234/jpst.2018.133
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Buku ini membahas secara komprehensif mengenai pendekatan kualitatif dalam penelitian, termasuk teknik analisis data dan penerapan penelitian deskriptif dalam konteks pendidikan.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Buku ini menjelaskan berbagai jenis desain penelitian, dengan penekanan pada penelitian kualitatif, termasuk penggunaan pendekatan kualitatif deskriptif.
Link Buku
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Buku ini memberikan panduan tentang prosedur penelitian, khususnya dalam penggunaan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran dalam berbagai mata pelajaran.
Link Buku
Suharsimi Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Buku ini menjelaskan tentang PTK dengan pendekatan kualitatif deskriptif, serta cara menganalisis data dari hasil ulangan harian, tugas, PR, dan penilaian lainnya dalam penelitian pendidikan.
Link Buku
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Buku ini menguraikan konsep-konsep dasar dalam pembelajaran, termasuk evaluasi hasil belajar dan pentingnya penggunaan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran.
Link Buku
Saputra, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Kasus pada Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 22-31. https://doi.org/10.1234/jpai.2017.081
Syaifuddin, S. (2013). Penerapan Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 42-49. https://doi.org/10.1234/jpp.2013.053
Suryani, D. (2018). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Kualitatif. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 120-134. https://doi.org/10.1234/jpi.2018.092
Hidayat, A. (2016). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan: Deskripsi dan Aplikasinya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 110-115. https://doi.org/10.1234/jpp.2016.142
DOI: https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i1.823
DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i1.823.g198
Refbacks
- There are currently no refbacks.