Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Zakat di Sekolah Dasar Negeri 27 Sabungan
Abstract
This study aims to improve student learning outcomes in Islamic Education (PAI) at Grade V of UPTD SDN 27 Sabungan by applying the discussion method. This research consists of three stages: pre-cycle, cycle I, and cycle II. The results show that the discussion method can improve student learning outcomes, with an average score increasing from 53 in the pre-cycle to 80 in cycle II. The percentage of completeness also increased from 13% in the pre-cycle to 83% in cycle II. Furthermore, this study also indicates that the discussion method can increase student activity and participation in the learning process, as well as motivate students to learn better. Therefore, the discussion method can be applied again to improve student learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar, Lalu Muh. Proses Pembelajaran C.B.S.A. Surabaya: Usaha Nasional, 1993.
Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga,1996.Grafindo Persada. 2007.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Hasbullah dan Moedjono, Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Jakarta: Bumi aksara, 2009.
Majid, Abdul Majid. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 1997
Mansyur, ET All. Materi Pokok Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: UT. 1991.
Muntholib, Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Prestasi Mata
Partanto,Pius A dan M Dahlan Alibarry. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola. 1994.
Pelajaran Aqidah Akhlak Pokok Materi Menerapkan Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri (Studi Tindakan pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Sultan Fatah Gaji Kec. Guntur Kab Demak Semester 1 Tahun Ajaran 2010/2011).Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam
Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
S. Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT..Raja
Slameto, Belajar dan faktor-faktor mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.2013.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya. 2009
Sumarni, Abdul Harun, dan Imran. Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Torang pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4. 2015.
Uno, Hamzah. B. Model Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Menciptakan
Wahida Lestari M.P Alibasyah dan Minarni Ama Jura. Penerapan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD 4 kombo Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Toli- toli. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 10.
Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar, Metodelogi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab.
DOI: https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i1.815
DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i1.815.g314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hari Nuryanti, Mus Saputra, Wahyuni Tami Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All works are licensed under CC BY-SA
Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak