Impelementasi Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Faza Azkia Tapanuli Selatan

Latifa Annum Dalimunthe, Hamidah Hamidah, Nahriyah Fata, Muhammad Yusuf Pulungan

Abstract


Urgensi karakter disiplin saat ini menjadi salah satu tujuan pendidikan karakter di semua level, khususnya siswa sekolah dasar. Internalisasi karakter disiplin sejak dini menjadi vital untuk dilakukan sebagai upaya pendidikan karakter. Namun internalisasi karakter disiplin masih selalu menjadi dilema bagi guru. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana impelementasi karakter disiplin pada siswa sekolah dasar yang fokus penelitian dilakukan pada Sdit Faza Azkia Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan metode  pendekatan kualitatif deskripstif dengan informan terdiri dari wali  kelas VI SDIT Faza Azkia. Penelitian ini menemukan bahwa dalam mengimplementasikan karakter disiplin siswa dilakukan guru kelas melalui habituasi sekolah, teguran, sanksi, pemberian hadiah, keteladanan guru, peraturan dan tata tertib sekolah serta kordinasi dengan orangtua siswa. Mengingat pentingnya upaya menginternalisasikan karakter disiplin di lingkungan sekolah, maka peneliti merekomendasikan pentingnya kerjasama antara guru, siswa dan orangtua.


Keywords


implementasi; karakter; disiplin

Full Text:

PDF

References


Addawiyah, Rabbyattul, and Kasriman Kasriman. 2023. “Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(3):1516–24. doi: 10.31949/educatio.v9i3.5837.

Ariansyah, Maman, Osa Juarsa, and Daimun Hambal. 2019. “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Kemandirian Belajar Kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong Osa Juarsa.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 2(2):126–34.

Bariyah, Siti Khusnul. 2020. “Hubungan Pempiasaan Budaya Islami Dan Kedisiplinan Beribadah Dengan Kepribadian Siswa KElas 6 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas.” IAIN Purwokerto.

Chatib, Munif. 2010. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa Dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.

Devi Ayu Lestari, Wanda Kholisah, and M. Rifqi Januar Supriyanto. 2024. “Pentingnya Etika Dan Moral Dalam Pendidikan.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 4(3):43–49. doi: 10.55606/khatulistiwa.v4i3.3878.

E. S. Nurdin. 2017. Teori-Teori Analisis Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: Maulana Media Grafika.

Faiz, Aiman, Kama Abdul Hakam, Sofyan Sauri, and Yadi Ruyadi. 2020. “Internalisasi Nilai Kesantunan Berbahasa Melalui Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 29(1):13–28. doi: 10.17509/jpis.v29i1.24382.

Furqon, Muhammad Fa’adhillah. 2024. “Pengembangan KetrampilanSosial Meningkatkan Interaksi Dan Koneksi Manusia.” Circle Archive Jurnal Psikologi Vol. 1 No.:1–15.

Hakam, Kama Abdul. 2018. “Tradition of Value Education Implementation in Indonesian Primary Schools.” Journal of Social Studies Education Research 9(4):295–318. doi: 10.17499/jsser.98315.

Hakam, Kama Abdul, and Encep Syarief Nurdin. 2016. Metode Internalisasi Nilai-Nilail; Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. Bandung: Maulana Media Grafika.

Hidaya, Kamalin Naufi, Iva Dhur Rohmah, and Cahyo Hasanudin. 2023. “Pelanggaran Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah: Studi Kasus Pada Siswa Menengah Pertama.” Seminar Nasional Daring Sinergi 1:311–21.

Iptian, Riut, Zamroni, and Riyanto Efendi. 2020. “The Effect of Work Discipline and Compensation on Employee Performance.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 7(8):145–52.

Johnny Saldana Matthew B. Miles, A. Michael Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis. 3rd ed. SAGE Publications.

Lestari, Tuti, Dkk. 2023. “Meningkatkan Semangat Gotong Royong Melalui Aturan Kolaboratif Di Rumah, Sekolah, Dan Sekitarnya.” Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ) 02(04):1–18.

Mamonto, Samuel. 2023. Disiplin Dalam Pendidikan. edited by Ira Atika Putri. Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup.

Manik, Winda, Meliana Yulan Sari Sagala, Dea Anestia Tampubolon, and Damayanti Nababan. 2024. “Peran Penting Sikap Disiplin Pada Anak.” WISSEN : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 2(2):157–66.

Mardilla, Maya, Darmiany Darmiany, and Husniati Husniati. 2021. “Hubungan Antara Reinforcement Positif Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 19 Rabangodu Utara Kota Bima.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6(3):537–45. doi: 10.29303/jipp.v6i3.289.

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). 2016. QUALITATIVE RESEARCH A Guide to Design and Implementation. Fourth Edi. Jossey-Bass.

Mufida, Sabrina, Sekolah Tinggi, Agama Islam, and Negeri Bengkalis. 2024. “PT. Media Akademik Publisher PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA.” Jma) 2(6):3031–5220.

Muhanif, Muhanif, Suhartono Suhartono, and Juhana Juhana. 2021. “Pengaruh Kedisiplinan Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):1962–73. doi: 10.31004/edukatif.v3i4.1046.

Mustika, Dara, Rizki Ananda, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan, and Tuanku Tambusai. 2024. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Sekolah Dasar.” Journal off Education Research 5(1):728–33.

Napratilora, Martina, Mardiah Mardiah, and Hendro Lisa. 2021. “Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 6(1):34–47. doi: 10.46963/alliqo.v6i1.349.

Nuccy, Larry P., and Darcia Narvaez. 2015. Handbook Pendidikan Moral Dan Karakter. edited by I. Baehaqie and D. S. Widowatie. Bandung: Nusa Media.

Ramdan Darmawan, Ajat Rukajat, Khalid Ramadhani. 2022. “PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI.” PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran) 5(3):453–64.

Rosita, Dike, Astri Sutisnawati, and Din Azwar Uswatun. 2022. “Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(2):449–56. doi: 10.31949/jcp.v8i2.2274.

Rusandi, and Muhammad Rusli. 2021. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2(1):48–60. doi: 10.55623/au.v2i1.18.

Santos, Ana Isabel. 2015. “Between Preschool and Primary Education—Reading and Writing from the Perspective of Preschool and Primary Teachers.” International Education Studies 8(11):211. doi: 10.5539/ies.v8n11p211.

Shinta, Mutiara, and Siti Quratul Ain. 2021. “Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5):4045–52. doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1507.

Sofia, Eva Maela, Veryliana Purnamasari, Iin Purnamasari, and Siti Khuluqul. 2023. “Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar.” 9(2):931–37. doi: 10.31949/educatio.v9i2.4820.

Suharjana. 2013. “Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter.” Journal UNY 189–201.

Tamardiyah, Nurulia Dwiyanti. 2017. “Pada Hasil Belajar Matematika Smp.” Jurnal Manajemen Pendidikan 12(1):26–37.

Umi Hanik, Elya, Afnan Nur Hanifah, Nalimatul Istiqomah, Wahyu Trisnawati, and Layyinatus Syifa. 2021. “Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Civil Officium: Journal of Empirical Studies on Social Science 1(1):14–19. doi: 10.53754/civilofficium.v1i1.252.

Yasmin, Faizatul Lutfia, Anang Santoso, Sugeng Utaya, Pendidikan Dasar, and Pascasarjana-universitas Negeri Malang. 2016. “BELAJAR SISWA.” 692–97.




DOI: https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i2.777

DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i2.777.g153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Latifa Annum Dalimunthe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak

Alamat: Jl. Mandailing Km 37 Desa Aek Badak Julu Kec. Sayur Matinggi, kode pos 22774, Kab. Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara