Efektivitas dan Kualitas Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan Islam
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, H., & Hartono, S. (2021). Manajemen Pendidikan: Desentralisasi dan Kepemimpinan Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 307–320. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.521
AF, M. A., & Nugraha, M. S. (2023). Kepemimpinan Transformasional dalam Manajemen Konflik (Studi Kasus MTss Al-Istiqomah Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi). Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 31–48. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i2.1290
Afifah, R., Nurjaman, U., & Fatkhulloh, F. K. (2022). Implementasi Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, dan Sosiologi di Lembaga Pendidikan Islam. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(3), 936–950. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.973
Al Mu’tasim, A. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Pena Islam Jurnal Pendidikann Agama Islam, 6(1), 1–15. https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/pena/article/view/176/280
Alfaien, N. I., Kosim, A. M., & Fadil, K. (2023). Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGS). Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 7(2), 127–142. https://doi.org/10.35316/edupedia.v7i2.2513
Alfiani, M. M., & Fauziyah, Y. (2020). Manajemen Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.403
Anhar, J., Darmayanti, R., & Usmiyatun, U. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Agama Islam terhadap Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Assyfa Journal of Islamic Studies, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61650/ajis.v1i1.136
Anisa, C. A., & Rahmatullah, R. (2020). Visi dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 70–87. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356
Ansori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32
Aprida, O., Trinanda, R., Azis, F., Fathurrochman, I., & Nuzuar, N. (2024). Analisis Peran Penting Sumber Daya Manusia dalam Kepemimpinan Organisasi Pendidikan Islam. Al-Manar:Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 13(1), 153–169. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v13i1.787
AR, F. M., & Hendriyani, S. (2022). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang dalam Meningkatkan Prestasi Siswa dan Mutu Pesantren. Menara Ilmu, XVI(1), 8–16. https://doi.org/10.31869/mi.v16i1.3372
Arifin, S., Zaini, A. W., & Sanjani, M. A. F. (2024). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Ahlussunnah wal Jama’ah dalam Best Practice Pendidikan Islam. Educazione: Journal of Education and Learning, 01(02), 28–44. https://doi.org/https://doi.org/10.61987/educazione.v1i2.345
Artanto, D. (2022). Strategi Kepemimpinan Transformasional untuk Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Islam. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(2), 108–122. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v12i2.2706
Ashari, H. (2023). Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional dalam Peningkatan Mutu Sekolah di SD IT Alam Biruni Sungailiat Kab. Bangka Tahun Ajaran 2023/2024. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 54–67. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2058/1499
Bahij, M. A., & Khoir, M. A. (2024). Kepemimpinan Integral dan Modernisasi Holistik: Analisis Komprehensif Peran Imam Zarkasyi dalam Pembentukan Pendidikan Islam di Pondok Pesantren “Darussalam” Gontor. Tsaqofah, 4(2), 895–910. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2422
Basirun, B., & Turimah, T. (2022). Konsep Kepemimpinan Transformasional. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i1.28
Bulungo, A. A., & Ridwan, R. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3430
Calam, A., Marhamah, A., & Nazaruddin, I. (2020). Reformulasi Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(2), 175–196. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8526
Chandra, P. (2020). Peran Pondok Pesantresn dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri di Era Disrupsi. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 243–262. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1497
Effendi, M. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa | Jurnal Pndidikan Islam, 7(7), 2. http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/563/510
El Rizaq, A. D. B. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Mewujudkan Budaya Madrasah Berkualitas di Madrasah Aliyah Istimewa Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Quality: Jurnal of Empirical Research in Islamic Education, 9(2), 263–278. https://doi.org/10.21043/quality.v9i2.12476
Fadilah, L., & Hamami, T. (2021). Kepemimpinan Trasformasional dalam Pendidikan Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4186–4197. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1381
Fadli, S., & Yunus, Y. (2023). Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Science and Social Research, 4307(2), 416–422. https://doi.org/https://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR/article/view/1322/969
Fahmi, M. (2022). Kepemimpinan di Madrasah Kajian atas Kepemimpinan Transformasional dalam Perpsketif Al- Qur’an dan Literatur Kesarjanaan Kontemporer. Al Amin: Jurnal Kajian Dan Budaya Islam, 5(2), 336–361. https://doi.org/https://doi.org/10.36670/alamin.v5i02.174
Falah, S. (2021). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Melalui Optimalisasi Manajemen Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 1–14. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1175
Farida, I., & Kamalia, A. A. (2020). Konsep Manajemen Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlakul Karimah di MTs Ma’arif NU Kemiri. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i1.2
Fatimah, R. A., Setiawan, F., & Tajuddin, M. A. N. (2022). Kepemimpinan Profetik dalam Manajemen Pendidikan bagi Pemimpin Masa Depan. Anwarul, 2(6), 447–454. https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i6.700
Fauziyah, U., & Maunah, B. (2022). Implementasi Kepemimpinan Transformasional di Lembaga Pendidikan Islam. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 3(2), 82–92. https://doi.org/10.30762/joiem.v3i2.376
Firdausi, L., Patoni, A., & Maunah, B. (2023). Kepemimpinan Transformasional dalam Membangun Kinerja Guru di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 09(8), 152–167. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi/article/view/4503/2365
Fuadah, A., Patimah, S., Warisno, A., & Murtafiah, N. H. (2024). Membangun Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Islam yang Efektif dan Berkelanjutan. Metakognisi: Jurnal Kajian Pendidikan, 6(2), 150–158. https://doi.org/https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.119
Gunawan, B. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mengembangkan Minat, Sikap, dan Perilaku Positif Siswa di MA Nurul Iman Kasui Kabupaten Way Kanan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6328–6341. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2807
Habibi, A., & Madihah, H. (2024). Optimisasi Kepemimpinan Pendidikan: Strategi Unggul dalam Program Magister Administrasi Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 4(1), 40–44. https://doi.org/10.31602/jmpd.v4i1.14083
Hafizah, N., Kartika, W. Y., & Ulfani, S. M. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Pendidikan Agama Islam, 5(2), 29–42. https://doi.org/https://doi.org/10.53958/ft.v5i2.482
Hanik, E. U., & Ahsani, E. L. F. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Sikap Religius Peserta Didik MI Mafatihul Akhlaq Jepara. Quality Journal of Empirical Research in Islamic Education, 9(2), 279–292. https://doi.org/10.21043/quality.v9i2.12533
Harsoyo, R. (2022). Teori Kepemimpinan Transformasional Bernard M. Bass dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 247–262. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.112
Harsoyo, R., & Alim, N. (2022). Subjek dan Karakteristik Kepemimpinan Transformasional dan Peran Strategisnya di Lembaga Pendidikan Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 143–156. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/3067/1460
Hartati, S., & Murtafiah, N. H. (2022). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan Islam. An Naba: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 86–102. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i2.161
Hazin, M., & Rahmawati, N. W. D. (2021). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Historis dan Regulasi di Indonesia). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 293–310. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i2.395
Intitsal, A. F., Muadin, A., & Zamroni, Z. (2024). Pendidikan Multikultural dalam Pengorganisasian Institusi Pendidikan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 39–48. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/0pmqgz83
Jamrizal, J. (2022). Pengaruh Perencanaan, Pengorganisasian, dan Pengawasan terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah (Literature Review Manajemen Pendidikan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 479–488. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1096
Jannah, L. K. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Perspektif Manajemen Pendidikan. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 129–139. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.471
Junaidi, Z., Yusri, Y., Amin, K., & Wismanto, W. (2023). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia pada Lembaga Pendidikan Islam. Journal on Education, 05(03), 10040–10052. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/671/438
Khalifatus Sa’adah, Ainol, & Ismatul Izzah. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Probolinggo. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 120–135. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.553
Kharisma, A., Setiawan, F., Rahma, F. N., & Saputra, A. (2022). Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah di Lembaga Pendidikan SDIT Taruna Al-Qur`an. PANDAWA : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4(1), 96–110. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Khoirunnisaa’, K., & Maunah, B. (2021). Karakteristik Kepemimpinan Transformasional di Lembaga Pendidikan Islam Tradisional dan Modern. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 3(2), 148–159. https://doi.org/10.52627/ijeam.v3i2.124
Kurniawati, A., & Mustofa, N. H. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kepemimpinan Transformasional, dan Kualitas Laporan Keuangan terhadap Keandalan Pencatatan Keuangan Pondok Pesantren. Journal of Accounting and Digital Finance, 2(2), 99–116. https://doi.org/10.53088/jadfi.v2i2.353
Kurniyatillah, N., Rachmawati, S. E., Amirah, A., & Sulaiman, N. S. (2020). Kepemimpinan Otoriter dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 160–174. https://doi.org/10.18592/moe.v7i2.5429
Latifah, L., & Mariati, N. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 18–25. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6327
Lesmana, F. R., Salsabilah, H., & Febrianti, B. A. (2021). Peran Pondok Pesantren dalam Pembentukan Karakter Santri dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 962–970. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.319
Maesaroh, S., Adib, H., & Wiyani, N. A. (2022). Implementasi Model Kepemimpinan Transformasional di Pesantren Khozinatul ‘Ulum Blora. JIE (Journal of Islamic Education), 7(1), 42–56. https://doi.org/10.52615/jie.v7i1.230
Mahfudh, M. (2022). Konstruksi Kepemimpinan Transformatif di Lembaga Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 131–150. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3005
Marlina, L. (2013). Tipe-Tipe Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan. Ta’dib, XVIII(02), 215–227. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/td.v18i02.47
Mashuri, F. R. (2020). Kepemimpinan Transformasional dalam Prespektif Pendidikan Islam. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 1–22. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v14i1.2065
Maulana, M. H. A. (2021). Keefektifan Pemimpin Transformasional Pesantren Bagi Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(1), 16–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v4i1.6965
Mohlis, M. (2023). Problematika Kepemimpinan Pendidikan Islam Tradisional dan Modern di Era Milenial. ILJ: Islamic Learning Journal, 1(2), 323–337. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v1i2.870
Mubarok, R. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.0118/alfahim.v3i2.183
Mujiati, S. H., Sulastini, R., & Handayani, S. (2021). Manajemen Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Purbalingga. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(2), 213–240. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i2.369
Munadi, A. (2020). Peran Pendidikan Gerakan Pramuka dalam Pembentukan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik (Studi di Madrasah Aliyah Negeri MAN 1 Kota Cilegon-Banten). Adz-Zikr : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 51–73. https://doi.org/https://doi.org/10.55307/adzzikr.v5i1.76
Munandar, D. S., Syah, M., & Erihadiana, M. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan Islam (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ciamis Jawa Barat). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 162–171. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.394
Musfiah, I., Kholis, N., & Asrohah, H. (2022). Peran Kepala Madrasah Perempuan dalam Pembangunan Karakter Siswa Perspektif Kepemimpinan Transformasional di MTs Alif Laam Miim Surabaya. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(2), 178–189. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.178-189
Muslim, B. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter pada Kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler di MI Pembangunan UIN Jakarta. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(2), 131–144. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i2.1799
Muslimin, I. (2023a). Optimalisasi Mutu Pendidikan Islam Melalui Strategi Komunikasi Organisasi dalam Bingkai Kepemimpinan dan Perilaku Kerja yang Inklusif. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 28–44. https://doi.org/https://doi.org/10.37348/aksi.v2i1.348
Muslimin, I. (2023b). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter di Madrasah Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(1), 108–130. https://doi.org/10.30739/jmpid.v5i1.2093
Nafsiah, S., & Makniyah, J. (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SDI Nurul Yaqin Kapedi Bluto Sumenep. Dirosat : Journal of Islamic Studies, 6(1), 49–57. https://doi.org/10.28944/dirosat.v6i1.475
Nasikhah, K., Maunah, B., & Patoni, A. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Kerja Sama Guru: Analisis Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 130–143. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v3i2.159
Nelliraharti, N., & Nurmalina, N. (2022). Manajemen Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Education Science (JES), 8(1), 62–69. https://doi.org/https://doi.org/10.33143/jes.v8i1.1983
Nengsih, S., Gusfira, R., & Pratama, R. (2020). Konstruksi Kepemimpinan Transformatif di Lembaga Pendidikan Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 38–54. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3005
Ngadin, S. M. (2022). Kepemimpinan yang Efektif dalam Manajemen Pendidikan. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 235–246. https://doi.org/10.24252/edu.v1i2.26459
Nizarani, N., Kristiawan, M., & Sari, A. P. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 37–44. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5432
Noor, I. H., & Dartim, D. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan Islam yang Unggul. ISEEDU, 5(1), 68–84. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/iseedu.v5i1.15993
Nurhasnah, N., Kustati, M., Sepriyanti, N., Tiffani, T., Pratiwi, S. H., & Sarbaini, S. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1367–1376. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3430
Nurhidayah, W., Izzah, I., & Rachman, P. (2024). Implementasi Gaya Kepemimpinan Transformasional di Pondol Darut Tauhid Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Attractive: Innovative Education Journal, 6(1), 262–275. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51278/aj.v6i1.1116
Nurkholis, N., & Santosa, A. B. (2022). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Pesantren. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 7(2), 113–130. https://doi.org/10.18860/jmpi.v7i2.17023
Nursabila, E., & Nuraini, I. A. (2022). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Madrasah di MTs Ma’arif NU Kota Malang. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 185–192. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i3.15233
Pattasang, P., & Imron Rosadi, K. (2021). Faktor-Faktor Mempengaruhi Mekanisme Berpikir Kesistemik dalam Pendidikan Islam: Perencanaan, Pengembangan dan Kontrol (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 11–23. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i1.670
Praja, T. S., & Muslih, M. (2021). Relevansi Pendidikan Islam Berbasis Ilmu Sosial Profetik terhadap Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 71–94. https://doi.org/10.55352/mudir.v3i2.244
Prasetyo, M. A. M. (2022). Pesantren Efektif: Studi Gaya Kepemimpinan Partisipatif. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.159
Prasetyo, M. A. M., & Anwar, K. (2021). Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1042
Pusfita Sari, A., Musyarapah, M., & Sidqi, N. (2024). Konsep Manajemen Sumber Daya dalam Paradigma Pendidikan Islam. Journal on Education, 6(4), 18564–18575. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5816
Puspasari, M. D. (2023). Penerapan Kepemimpinan Transformasional dalam Pengelolaan Madrasah Modern. RERRESH: Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 40–47. https://doi.org/https://doi.org/10.59064/rmpi.v1i2.32
Rafiudin, C., Bahaf, A. M., & Zohriah, A. (2024). Perumusan Visi Misi Jasa Lembaga Pendidikan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2621–2628. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3747
Rafliyanto, M., Yusuf, A. M., & Solihah, J. A. (2021). Peran Guru dalam Pembentukan Adab pada Peserta Didik dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Syntax Admiration, 2(5), 880–889. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i5.235
Ramadhan, O. M., Hermawan, A. H., & Erihadiana, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Era New Normal. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(1), 32–45. https://doi.org/10.33367/ji.v11i1.1588
Rejokirono, R., Mulyanto, M., & Inson, I. (2024). Manajemen Mutu Terpadu pada Kepemimpinan Pendidikan sebagai Bidang Garap Manajemen Pendidikan. Pendas: Jurnal Imiah Pendidikan Dasar, 9(1), 250–263. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12374
Ridwan, R., Hamzah, A., & Judrah, M. (2023). Pengembangan Kurikulum Pesantren Modern dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Pesantren Pendidikan Islam Darul Abrar. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 3(2), 102–115. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v3i02.1872
Rofiq, A., Fatmawati, E., & Usriyah, L. (2024). Transformatif Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Nurul Qarnain Sukowono Jember. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 313–326. https://doi.org/10.30868/im.v7i01.6061
Rohman, R., Syarifuddin, E., Zohriah, A., & Fauzi, A. (2023). Model Kepemimpinan Pendidikan Adaptif dan Partisipatif dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 75–81. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23990
Rosmini, H., Ningsih, N., Murni, M., & Adiyono, A. (2024). Transformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Era Digital: Strategi Administrasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Pertama. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 165–180. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i1.3451
Sa’dullah, A., & Supriyatno, T. (2021). Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Sustainable Development Goals di Yayasan Pendidikan Anak Saleh Kota Malang. Evaluasi, 5(1), 182–199. http://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajo de Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOLOGICA-EF.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.fishres.2013.04.005%0Ahttps://doi.org/10.1038/s41598-020-
Sabrifha, E., Zatrahadi, M. F., & Istiqomah, I. (2023). Penerapan Prinsip Manajemen Pendidikan Islam dalam Pengembangan Kurikulum Sekolah Islam. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 170–180. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/1202322932
Sahabuddin, M., & Syahrani, S. (2022). Kepemimpinan Pendidikan Perspektif Manajemen Pendidikan. Educational Journal: General and Specific Research, 2(1), 102–112. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/72/66
Saifudin, A. (2021). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Moderasi Islam Wasathiyyah. JIEM: Journal of Islamic Education and Manajemen, 2(1), 1–15. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/jiem/article/view/19
Sambah, A. H., & Ramadhani, A. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tawadhu, 6(2), 151–163. https://doi.org/10.52802/twd.v6i2.432
Sanusi, T., Nujum, S., & Ramlawati, R. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Organisasi, dan Perilaku Teknopreneurship terhadap Kinerja Pesantren Nahdlatul Umum Maros. Jurnal Akuntansi & Sistem Informasi (JASIN), 1(1), 353–370. http://pasca-umi.ac.id/index.php/jasin/article/view/1443/1646
Saputra, R. F. A., Pranoto, C. S., & Ali, H. (2021). Faktor Pengembangan Organisasi Profesional: Leadership/Kepemimpinan, Budaya, dan Iklim Organisasi (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 629–639. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.605
Sari, N., & Hanafiah, N. A. (2022). Manajemen Pendidikan dalam Upaya Pembentukan Karakter (Studi Analisis di SMK Al-Ma’arif Way Kanan). Islamic Education Management Journal, 1(2), 13–25. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/iemj/article/view/126/108
Setiawan, H. (2020). Manajemen Kepemimpinan Transformasional. AT-TA’LIM Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–25. https://www.ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attalim/article/view/169/139
Shofiyyah, N. A., Komarudin, T. S., & Ulum, M. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Praktik Kepemimpinan Pendidikan: Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Berdaya Saing. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 66–77. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.19383
Slamet, S., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 97–111. https://doi.org/https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v1i2.320
Solehan, S. (2022). Implementasi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 607–613. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.464
Supriadi, A., & Hakim, L. (2024). Analisis Model Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan Islam (Studi Kasus di SDN Sukaharja II). INTIFA: Journal of Education and Language, 1(1), 105–121. https://doi.org/10.62083/2kx8jf11
Susanti, F., Wulansari, I., Harahap, E. K., & Hamengkubowono, H. (2023). Implementasi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Madrasah. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i1.12
Sya’ban, R. (2022). Daya Adaptabilitas Kepala Sekolah dalam Menghadapi Perubahan Lingkungan pada Sekolah Dasar Kota Gorontalo. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i1.758
Syafi’i, A., Saied, M., & Rohman Hakim, A. (2023). Efektivitas Manajemen Pendidikan dalam Membentuk Karakter Diri. Journal of Economics and Business UBS, 12(3), 1905–1912. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i3.237
Takwim, T., & Bustamam, R. (2023). Tipe dan Gaya Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pustaka Cendekia Pendidikan, 01(01), 17–27. http://pcpendidikan.org/index.php/jpcp/article/view/5/11
Thoha, M. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Konseptual dan Operasional. In Pustaka Radja. Pustaka Radja. http://repository.iainmadura.ac.id/128/7/Manajemen Pendidikan Islam.pdf
Triwiyanto, T. (2024). Manajemen Pendidikan & Kepemimpinan Pendidikan. Proceedings Series of Educational Studies, 209–221. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um083.8662
Umro’atin, Y., Patoni, A., & Maunah, B. (2023). Komponen Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Manajemen, Pendidikan, Dan Pemikiran Islam, 1(1), 1–11. https://journal.as-salafiyah.id/index.php/jmpi
Utami, A. F. N. (2020). Analisis Kesesuaian Visi, Misi, Tujuan dan Kurikulum Prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Lhokseumawe dan IAIN Curup. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 125–148. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.1732
Wahid, L. A., & Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 23–36. https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.15222
Wahyuni, F., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 141–162. https://doi.org/10.23917/iseedu.v5i1.15993
Wahyuni, S., Sukatin, S., Fadilah, I. N., & Astri, W. (2022). Gaya Kepemimpinan Otoriter (Otokratis) dalam Manajemen Pendidikan. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.24252/edu.v1i2.26148
Yaniawati, P. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan. In Penyamaan Persepsi Penelitian Studi Kepustakaan (Issue April). kip.unpas.ac.id
Zakki, M., Paatoni, A., & Maunah, B. (2022). Orientasi dan Tujuan Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Nidhomiyyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 52–68. https://doi.org/10.38073/nidhomiyyah.v4i1.980
Zukhruf, W. M., & Azani, M. Z. (2023). Implementasi Model Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah di Lembaga Pendidikan Islam: Analisis Skema, Capaian, dan Hambatan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2), 245–256. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/435/93
DOI: https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i1.668
DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v2i1.668.g136
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Roihan Daulay, Husniah Ramadhani Pulungan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All works are licensed under CC BY-SA
Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak