Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern

Dewi Shara Dalimunthe

Abstract


Abstract

This abstract aims to explore the transformation of Islamic religious education in strengthening spiritual values, ethics, and Islamic understanding in the modern context. The advancement of technology and the changing dynamics of the modern world pose challenges to religious education, including Islamic education. This study investigates the need for a transformative approach to Islamic education that acknowledges the evolving needs of learners while maintaining the essence of spiritual growth and ethical values. The research highlights the importance of integrating contemporary methods, such as technology-enhanced learning and interactive pedagogies, to engage students effectively. It emphasizes the significance of promoting critical thinking skills, moral values, and a comprehensive understanding of Islam that is relevant to the challenges of the modern era. Furthermore, the study explores the role of educators in nurturing a positive learning environment, fostering dialogue, and cultivating a sense of belongingness among students. It also recognizes the importance of collaborative efforts between educational institutions, families, and the broader community in reinforcing Islamic values and principles. by embracing the transformative approach, Islamic education can adapt to the complexities of the modern world, empowering learners to develop a strong spiritual foundation, ethical conduct, and a deep understanding of Islam that resonates with their lives and contributes positively to society.

 

Keywords:.education; transformation; islamic.

 

Abstrak :

Artikel bertujuan untuk menjelajahi transformasi pendidikan agama Islam dalam memperkuat nilai-nilai spiritual, etika, dan pemahaman keislaman dalam konteks modern. Kemajuan teknologi dan dinamika yang berubah dalam dunia modern menimbulkan tantangan bagi pendidikan agama, termasuk pendidikan Islam. Studi ini menginvestigasi perlunya pendekatan transformasi dalam pendidikan Islam yang mengakui kebutuhan berkembangnya para pembelajar sambil tetap mempertahankan esensi pertumbuhan spiritual dan nilai-nilai etika. Penelitian ini menyoroti pentingnya integrasi metode kontemporer, seperti pembelajaran berbantu teknologi dan pedagogi interaktif, untuk efektif menggaet perhatian siswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan library research atau metode kepustakaan. Metode kepustakaan merupakan metode yang melibatkan pengumpulan data melalui bahan pustaka. Dalam penelitian ini, metode kepustakaan dilakukan dengan mengumpulkan bahan bacaan dari buku referensi, jurnal-jurnal, dan buku-buku terkait lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya mempromosikan keterampilan berpikir kritis, nilai-nilai moral, dan pemahaman komprehensif tentang Islam yang relevan dengan tantangan era modern. Selain itu, penelitian ini menjelajahi peran pendidik dalam membina lingkungan belajar yang positif, mendorong dialog, dan membentuk rasa memiliki di antara siswa. Selain itu, pentingnya upaya kolaboratif antara lembaga pendidikan, keluarga, dan masyarakat yang lebih luas dalam memperkuat nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam. Dengan merangkul pendekatan transformasi, pendidikan Islam dapat beradaptasi dengan kompleksitas dunia modern, memberdayakan para pembelajar untuk mengembangkan pondasi spiritual yang kuat, perilaku etis, dan pemahaman mendalam tentang Islam yang sesuai dengan kehidupan mereka dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat

 

Kata kunci : pendidikan, transformasi, islam

 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Ali, A., & Erihadiana, E. (2021). Peningkatan Kinerja Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i3.445

Buku Dinamika Pendidikan Perspektif Historis.pdf. (n.d.). Retrieved May 18, 2023, from http://repository.iainmadura.ac.id/9/1/Buku%20Dinamika%20Pendidikan%20Perspektif%20Historis.pdf

Buku—Transformasi Nilai—Zul d.pdf. (n.d.). Retrieved May 31, 2023, from http://repository.iainbengkulu.ac.id/5040/1/Buku%20-%20Transformasi%20Nilai%20-%20zul%20d.pdf

Dahlan, D. Z. (n.d.). SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM.

E-Book Metodologi Penelitian Syafrida.pdf. (n.d.). Retrieved May 18, 2023, from https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/16455/1/E-Book%20Metodologi%20Penelitian%20Syafrida.pdf

Hakim, L. (2021). TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: STRATEGI DAN ADAPTASI PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(4), 760–766.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.58230/27454312.73

Rumahuru, Y. Z. (2018). Mengembangkan Pendidikan Agama Inklusif sebagai Solusi Pengelolaan Keragaman di Indonesia. 1(1).

Rusdiana, A. (2014). INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI. JURNAL ISTEK, 8(2), Article 2. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/224

Salsabila, U. H., Perwitasari, A., Amadea, N. S. F., Khasanah, K., & Afisya, B. (2022). Optimasi Platform Digital sebagai Transformasi Pendidikan Islam Berkemajuan. IQRO: Journal of Islamic Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24256/iqro.v5i2.3494

Suteja, & Akhmad Affandi, A. A. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan (M. Muslihudin, Ed.; Vol. 1). CV. ELSI PRO. http://repository.syekhnurjati.ac.id/3121/web.syekhnurjati.ac.id

Syahid, N. (2020). Transformasi Pendidikan Islam Di Indonesia. QUDWATUNA, 3(1), Article 1.

Tantowi;, A. (2002). Pendidikan Islam di Era Transformasi Global (SEMARANG). Pustaka Rizki Putra. //perpustakaan.iainu-kebumen.ac.id/index.php?p=show_detail&id=751&keywords=

Transformasi Pendidikan Agama Islam • Istana Agency. (2023, April 15). Istana Agency. https://www.istanaagency.com/transformasi-pendidikan-agama-islam/

Transformasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai Karakter Peserta Didik Yang Humanis Religius | Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam. (n.d.). Retrieved May 31, 2023, from https://journal.unuha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/199




DOI: https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426

DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426.g59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak

Alamat: Jl. Mandailing Km 37 Desa Aek Badak Julu Kec. Sayur Matinggi, kode pos 22774, Kab. Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara