Al-Quran Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan

Sri Afni Afni

Abstract


Abstract

Al-Qur'an and Hadith as the basis of Islamic teachings, not only regulate the affairs of ubudiyah issues, but also contain verses related to science and technology (IPTEK). Many verses of the Qur'an and Hadith that give cues about science such as biology, history, astronomy, and many more. Science is one of the main contents of the content of the holy book of the Qur'an. Even the word 'ilm itself is mentioned in the Qur'an 105 times, but with the word 'ilm' it is mentioned more than 744 times which is indeed one of the necessities of Islam. The word science is used in the sense of the process of achieving knowledge. To study it in its entirety it is necessary to use scientific, philosophical, human sciences (humanities), historical, sociological and doctrinal methods. In studying the Qur'an in order to find values that can manifest rahmatan lil alaamin, it is necessary to have the role of reason that has a high degree but it must be remembered that the human mind contains limitations. Therefore, in experiencing the contents of the Qur'an as a whole and thoroughly, a theological, philosophical, scientific, and sensory way of thinking is needed. This requirement is necessary because not all problems can be solved or overcome only by philosophical thinking, but require other methods that can be used together.

Keywords: Al-qu’an; islam; knowledge

Abstrak

Al-Qur’an dan Hadits sebagai dasar ajaran Islam, tidak hanya mengatur urusan masalah ubudiyah saja, tetapi juga memuat ayat-ayat yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).  Banyak ayat-ayat Al-Qur’an maupun Hadits yang memberikan isyarat tentang ilmu pengetahuan seperti ilmu biologi, sejarah, astronomi, dan masih banyak lagi. Ilmu pengetahuan adalah merupakan salah satu isi pokok kandungan kitab suci Al Qur’an. Bahkan kata ‘ilm itu sendiri disebut dalam Al Qur’an sebanyak 105 kali, tetapi dengan kata jadiannya ia disebut lebih dari 744 kali yang memang merupakan salah satu kebutuhan agama Islam. Kata ilmu ini digunakan dalam arti proses pencapaian pengetahuan. Untuk mempelajari secara utuh perlu digunakan metode ilmiah, filosofis, ilmu-ilmu manusia (humaniora), historis, sosiologis dan doktriner. Dalam mempelajari Al Qur’an agar dapat menemukan nilai-nilai yang dapat mewujudukan rahmatan lil alaamin diperlukan peranan akal yang mempunyai derajat yang tinggi tetapi harus diingat bahwa akal manusia mengandung keterbatasan. Oleh karena itu dalam menghayati isi Al-Qur'an secara utuh dan menyeluruh diperlukan cara berpikir teologis, filosofis, ilmiah, dan inderawi. Persyaratan ini diperlukan karena tidak semua masalah dapat dipecahkan atau diatasi hanya dengan berpikir filosofis saja melainkan memerlukan metode lain yang dapat digunakan bersama-sama.

Kata kunci: Al-qu’ran; islam; pengetahuan


Full Text:

PDF

References


Athar, M. (2019). Bukti Kebenaran Al-Qur’an Dalam Berbagai Bidang Ilmu Pengetahuan. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu …, 17(1), 83–111. Retrievedfrom http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/204 https://doi.org/10.37216/tadib.v17i1.204

Hasyim, B. (2013). Islam Dan Ilmu Pengetahuan (Pengaruh Temuan Sains terhadap Perubahan Islam). Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 127–139. https://doi.org/10.24252/jdt.v14i1.319

Iryani, E. (2017). Al- Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan Eva Iryani 1. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 70. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i3.403

Khotimah, K. (2014). Paradigma Dan Konsep Ilmu Pengetahuan Dalam Al-Qur`an. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9(1). https://doi.org/10.21274/epis.2014.9.1.67-84

Misbahuddin, H. I. (2014). Dimensi Keilmuan Dalam Al-Qur’an. At-Taqaddum, 6(2), 354. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/715

Mutia. (2007). TEKNOLOGI DALAM AL-QUR’AN. VI(2), 70–77. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/3048

Sayid, Q. (2011). Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan dalam Al-Qur’an dan Hadist. Humaniora, 2(9), 1339–1350. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3198

Suriyati, S. (2020). Islam Dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(2), 102–118. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.238 https://doi.org/10.19105/islamuna.v1i2.564

Tamlekha, T. (2021). Al Qur’an Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan. Basha’Ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 105–115. https://doi.org/10.47498/bashair.v1i2.844 https://doi.org/10.47498/bashair.v1i2.844




DOI: https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.167

DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.167.g60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak

Alamat: Jl. Mandailing Km 37 Desa Aek Badak Julu Kec. Sayur Matinggi, kode pos 22774, Kab. Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara