Implementasi Sistem Bermain Sambil Belajar dalam Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini di TK Satu Atap
Abstract
This study aims to see and knowing efficiency playing while studying in improving the development of early childhood education. Learn while playing allow the child can easily accepted learning. With playing will give a positive impact in the learning process child. Observed children playing actively or passive, will help understand the thought of children, but it can increase communication skills. When the play, the child will be happy, so that children can be readily accepted as well as follows the activities of learning well. As for the approach this study we use the research action class as the or a source of reference. Based on the results of research, the child can understand and learn to follow the good and fun.
Keywords: Implementation; Play System; Development; One Roof
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui efisiensi bermain sambil belajar dalam meningkatkan perkembangan pendidikan anak usia dini. Belajar sambil bermain memungkinkan anak dapat dengan mudah menerima pembelajaran. Dengan bermain akan memberikan dampak positif dalam proses belajar anak. Mengamati anak bermain secara aktif ataupun pasif, akan membantu memahami jalan pikiran anak, selain itu bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Ketika bermain anak akan bahagia, sehingga anak dapat dengan mudah menerima serta mengikuti kegiatan belajar dengan baik. Adapun Pendekatan penelitian ini kami menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai tempat atau sumber acuan. Berdasarkan hasil penelitian, anak dapat memahami serta mengikuti kegiatan belajar dengan baik dan menyenangkan.
Kata Kunci: Implementasi; Sistem Bermain; Perkembangan; Satu Atap
Full Text:
PDFReferences
Daniels, H. (2008). Vygotsky and research. Routledge.
Depdikbud, R. I. (1989). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fadhilah, F. (2019). Tantangan Psikologi Islam: Menilik Skripsi Psikologi Islam. Al-Qalb : Jurnal
Psikologi Islam, 9(2), 86–94. https://doi.org/10.15548/alqalb.v9i2.856
Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.
Hidayatullah, M. F. (2008). Mendidik anak dengan bermain. Buku Pegangan Guru Pendidikan
Jasmani Di Sekolah Dasar. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hurlock, E B, & Burstein, M. (1932). The imaginary playmate: A questionnaire study. The
Pedagogical Seminary and Journal of Genetic Psychology, 41(2), 380–392.
Hurlock, Elizabeth Bergner. (1950). Child development. Ratna Sagar.
Jeffree, D. M., McConkey, R., & Hewson, S. (1985). Let me play. Souvenir.
Kusantanti, D. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Montolalu, B. E. F. (2009). Bermain dan permainan anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhammad Iqbal Harisuddin, S. M. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi BelajarMarpokat | Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1, No. 1 Tahun 2022 E-ISSN:
SedangProses, DOI: Sedang Proses
Siswa. bandung: PT. Panca Terra Firma.
Mulyasa, E. (2003). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasional, D. P. (2002). Acuan Menu Pembelajaran pada PAUD Direktorat Pendidikan Anak Usia
Dini. Jakarta: Direktorat PAUD.
Noorlaila, F. (2020). Teori-teori Belajar dalam Pendidikan. Jawa Barat: Edu Publisher Sdn. Bhd.
Piaget, J. (1952). Jean Piaget.
Sit, M. (2017). Psikologi perkembangan anak usia dini edisi pertama. Kencana.
Sobur, A. (1986). Anak masa depan. Angkasa.
Soetjiningsih, R. (1995). IGN. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC,
–248.
Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Grasindo.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini.
Sukmara, C. (2011). Pembelajaran Kooperatif Nht (numbered. 606, 128.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.
Suyanto, S. (2012). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Kencana.
Zaviera, F. (2008). Mengenali dan memahami tumbuh kembang anak. Yogyakarta: Katahati, 41
DOI: https://doi.org/10.62086/mjpkm.v1i1.402
DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/mjpkm.v1i1.402.g47
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Marpokat: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

All works are licensed under CC BY-SA
Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak