Memperkuat Moderasi Beragama Dalam Masyarakat Multikultural di Era Digital: Studi Kasus di MAN 1 Padang Lawas

Sholeh Fikri, Icol Dianto, Mohd Rafiq

Abstract


Indonesia adalah negara dengan keberagaman agama dan budaya yang luar biasa, yang membawa banyak kekayaan tetapi juga menimbulkan tantangan dalam hal toleransi dan kerukunan. Fokus penelitian ini adalah mengembangkan pendidikan moderasi beragama di MAN 1 Padang Lawas, sebuah wilayah dengan keragaman etnis dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat moderasi beragama di MAN 1 Padang Lawas, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi moderasi beragama di kalangan siswa, dan menganalisis strategi yang efektif untuk memperkuat moderasi beragama di MAN 1 Padang Lawas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, menggabungkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan moderasi beragama dapat memainkan peran penting dalam menjaga harmoni sosial di MAN 1 Padang Lawas. Pendidikan moderasi beragama seperti toleransi dan dialog dapat diajarkan sejak dini, membantu mencegah ekstremisme dan fanatisme yang dapat memicu konflik sosial. Era digital juga membawa peluang dan tantangan baru, dengan media sosial menjadi alat penting untuk menyebarkan pesan moderasi beragama, namun juga memerlukan literasi digital yang kritis untuk mengatasi penyebaran informasi yang menyesatkan. Adapun strategi yang dapat dilakukan meliputi pengembangan kurikulum yang inklusif, program pelatihan untuk guru dan siswa, serta pemanfaatan teknologi digital dan media sosial di MAN 1 Padang Lawas. Pencapaian strategi tersebut dapat diwujudkan melalui rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang.


Keywords


Moderasi Beragama; Multikultural; Padang Lawas; Era Digital

Full Text:

PDF

References


Agustian, M., Anindyta, P., & Grace, M. (2019). Mengembangkan Karakter Menghargai Perbedaan Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2), 191–199. https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2903

Ahmad Muhammad. (2023). Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah. Repository.Ar-Raniry.Ac.Id, 1–77.

Ali, S. (2023). Konsep Hukum Islam Rohmatan Lil Alamin Sebagai Dasar Moderasi Beragama di Indonesia. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(2), 43–67.

Anandari, A. A. (2024). Pengaruh Pemikiran Mukti Ali untuk Stabilitas Sosial dan Pertahanan Nasional dalam Konteks Pluralisme Agama Kontemporer Indonesia. 20(01).

Arni, B. dan J. (2020). Hasil Penelitian dan Pembahasan Hadis. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 33.

Bahrudin, B. (2024). Harmoni Sosial Ekonomi Dalam Moderasi Agama: Membangun Kesejahteraan Masyarakat Multikultural Di Indonesia. Proceedings of Annual International ….

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: Pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.

Dianto, I. (2021). Moderasi Beragama melalui Film Animasi: Peluang dan Tantangan pada Generasi Digital. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.23971/njppi.v5i2.2400

Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33

Dwiyanti, D. A., Nurani, I., Alfarizi, M. N., & Hubbah, R. D. (2023). Pengaruh Media Sosial terhadap Partisipasi Politik Warga Negara: Dampak Positif dan Negatif. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(4), 298–306.

Elizabeth, R. (2007). Penguatan dan pemberdayaan kelmbagaan petani mendukung pengembangan agribisnis kedelai. Pusat Analisis Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 29(70), 165–173.

Fadli, A. (2023). Transformasi Digital dan Moderasi Beragama: Memperkuat Ummatan Wasathan di Indonesia. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 12(1), 1–14.

Fernandes, E. B. I. (2024). Oleh: Ebi fernandes nim: 22871007.

Gliselda Aurelia, D., & Ema Jumiati, I. (2023). Strategi Komunikasi Publik Dalam Menanggapi Gelombang Misinformasi Dan Disinformasi PPDB Online Di Provinsi Banten. Sawala : Jurnal Administrasi Negara, 11(1), 117–127. https://doi.org/10.30656/sawala.v11i1.5975

Halim, A., & Mubarak, Z. (2021). Pola Konflik Agama Di Wilayah Plural: Studi Kasus Pendirian Rumah Ibadah Di Kota Jambi. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 19(1), 85–109. https://doi.org/10.30631/tjd.v19i1.128

Hanipah, S., Jalan, A. :, Mopah, K., & Merauke, L. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 264–275.

Harahap, M., & Siregar, L. M. (2020). Dinamika Pondok Pesantren Dalam Membina Keberagamaan Santri Kabupaten Padang Lawas The Dynamics of Islamic Boarding Schools in Fostering Religious Religion in Padang Lawas Regency. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 26–37.

Haratua, A., & Wijaya, C. (2020). Membangun Ekosistem Kewirausahaan untuk Usaha Mikro dan Kecil di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 16(1), 36–47.

Hasibuan, K. (2023). Moderasi Beragama Berbasis Keluarga. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(11), 4655–4666. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1777

Hermansyah, D., & ... (2024). Eksplorasi Konsep Moderasi dan Toleransi dalam Ajaran Kemuhammadiyahan: Implikasi untuk Harmoni Antaragama. … Nasional Lppm Ummat, 22, 1–16.

Huda, M. T. (2021). Pengarusutamaan Moderasi Beragama; Strategi Tantangan dan Peluang FKUB Jawa Timur. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(2), 283–300. https://doi.org/10.33367/tribakti.v32i2.1745

Inggita, P. (2018). Peran ikhwanul muslimin suriah dalam bidang sosial dan agama Tahun 1945-1982.

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Irwansyah, Aziz, A., & Mawaddah, R. (2024). Implikasi Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Peserta Didik (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Sialang Buah). Journal Of Social Science Research, 4, 1–111.

Junaedi, E. (2022). Moderasi Beragama Dalam Tinjauan Kritis Kebebasan Beragama. Harmoni, 21(2), 330–339. https://doi.org/10.32488/harmoni.v21i2.641

Khairiza, D. ; R. M. H. (2023). Pola Komunikasi Forum Kerukunan Antarumat Antarumat Beragama di Kota Medan. Reslaj, 5(6), 3283–3295. https://doi.org/10.47476/reslaj.v5i6.1047

Khoirun Nisa. (2018). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Inovatif, 4(2), 44–56.

Krismiyanto, A., & Kii, R. I. (2023). Membangun Harmoni dan Dialog Antar Agama dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 238–244.

Lubis, P. (2024). Menggali Toleransi dan Batasan-Batasan Moderasi dalam Konteks Keberagaman. Journal-Liaison Academia and Society, 3(1), 314–332.

Luhukay, M. S. (2018). Penyuluhan Literasi Media: Cara Mencegah Hoax Di Media Sosial Kepada Ibu-Ibu PKK Kelurahan Pakulonan Barat Tangerang. Prosiding PKM-CSR Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibilty, 1, 185–191.

Lumbantoruan, C. M., Tewal, B., & Lumintang, G. (2021). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Resistensi Terhadap Perubahan Organisasi Di PT. Pertamina ( Persero ) Integrated Terminal Bitung. EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 9(1), 914–923.

M. Hanif Satria Budi. (2020). Analisis Sistem Pembiayaan Pendidikan yang dikelola Kementerian Agama. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 128–149.

Manan, A. (2023). Pendidikan Islam Dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni Dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 56–73.

Manar, D. G. (2019). Pembelajaran Inovasi Kebijakan Inklusif. Jurnal Studi Pemuda, 7(1), 14. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.39272

Maskuri, M., Ma’arif, A. S., & Fanan, M. A. (2020). Mengembangkan Moderasi Beragama Mahasantri Melalui Ta’lim Ma’hadi di Pesantren Mahasiswa. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 32–45. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.11239

Milasari, D., & Nugraheni, N. (2024). Integrasi Pendidikan Konservasi dan Teknologi Untuk Mewujudkan Pendidikan Inklusif dan Berkualitas Dalam Pencapaian SDGs. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 119–125.

Mubarok, A. R., & Sunarto, S. (2024). Moderasi Beragama di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Journal of Islamic Communication Studies (JICoS), 2(1), 1–11.

Mufid, A. S. (2012). Dinamika Perkembangan Sistem Kepercayaan Lokal di Indonesia.

Muhammad Nurrohman Jauhari, Sambira Mambela, Aulia Dwi Shanty, Dewi Nurmasari, Adela Hoar Usfinit, & Agustina Batlyol. (2022). Optimalisasi Media Dan Teknologi Asistif Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Inklusi. Kanigara, 2(2), 446–452. https://doi.org/10.36456/kanigara.v2i2.6067

Mukhibat, M., Nurhidayati Istiqomah, A., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73–88. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.133

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Noor, M., & Rahman, A. (2015). Biodiversitas dan kearifan lokal dalam budidaya tanaman pangan mendukung kedaulatan pangan: Kasus di lahan rawa pasang surut Biodiversity and local knowledge in the cultivation of food crops supporting for food security: A. 1, 1861–1867. https://doi.org/10.13057/psnmbi/m010819

Nur, A., & Lubis, M. (2015). Konsep Wasathiyah dalam Al-Quran (Studi Komparatif antara Tafsir al-Tahrîr wa at-Tanwîr dan Aisar at-Tafâsîr). An-Nur, 4(2), 205–225.

Nurina Hakim, S., & Alyu Raj, A. (2017). Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. Jurnal UNISSULA, 978-602–22(2), 280–284.

Oktaviyani, R., Nur, M., Maksum, R., & Jinan, M. (2024). Dialog Keagamaan Dengan Realita Kemanusiaan: Analisis prespektif Dr. Zully Qodir. 46–52. https://doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.15344

Pambudi, R., Budiman, A., Rahayu, A. W., Sukanto, A. N. R., & Hendrayani, Y. (2023). Dampak Etika Siber Jejaring Sosial Pada Pembentukan Karakter Pada Generasi Z. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 289–300. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i3.262

Patih, A., Nurulah, A., & Hamdani, F. (2023). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001 (Special Issue 2023)), 1387–1400.

Peter, R., & Simatupang, M. S. (2022). Keberagaman Bahasa Dan Budaya Sebagai Kekayaan Bangsa Indonesia. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 9(1), 96–105. https://doi.org/10.33541/dia.v9i1.4028

Priatna, J. S. C. (2019). Agama dan Solidaritas Sosial: Melihat Keberagaman Agama yang Menyeragamkan Indonesia. Academia, 1–7.

Purwanto, P. (2019). Strategi dan Bentuk-bentuk Informasi Transmigrasi pada Masa Orde Baru dalam Rangka Mensukseskan Program Pembangunan Nasional. Jurnal Kepustakawanan Dan Masyarakat Membaca, 35(2), 1–15.

Puspita Ratri, E., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi Pancasila Dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda Di Era Globalisasi. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 25–33. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7455

Putra, A. J. K., & Utami, R. S. (2024). Implementasi Nilai Kerukunan dan Gotong Royong dalam Masyarakat (Studi Etnografi di Dukuh Duwet, Desa Simo, Kabupaten Boyolali). Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 662–669.

Qomaruddin, A. (2017). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradāt. Jurnal Kependidikan, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1240

Rahim, A., & Indah, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Literasi Digital dii Kalangan Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 52.

Rahman, A., Wasistiono, S., Riyani, O., & Tahir, I. (2023). Peran Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarat (LSM) dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2), 1461. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1492

Rahmat, H. (2022). Toleransi dan Moderasi Beragama. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 49–60.

Royan, N. E. (2014). Pola Perilaku Penemuan Informasi (Information Seeking Behavior) Di Kalangan Mahasiswa Skripsi. Libri-Net, 3(2), 369–385.

Rumahuru, Y. Z., & Talupun, J. S. (2021). Pendidikan Agama Inklusif sebagai Pondasi Moderasi Beragama. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 7(2), 453–462.

Salda, M. I. (2018). Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam—Banda Aceh. Makna Ummi Dan Penisbahannya Kepada Nabi Muhammad Dalam Al-Qur’an, 62.

Saputra, I. B., & Azmi, F. (2022). Religious Moderation in Indonesia. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(3), 239–262. https://doi.org/10.47006/er.v6i3.10887

Sarinastiti, N., & Fatimah, P. S. (2019). Edukasi komunikasi politik dalam menciptakan kesadaran dan minat pemilih perempuan. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 44. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.19125

Saumantri, T. (2022). Konstruksi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Perspektif Filsafat Agama. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 24(2), 164. https://doi.org/10.22373/substantia.v24i2.14854

Setiabudi, W., Paskarina, C., & Wibowo, H. (2022). Intoleransi di Tengah Toleransi Kehidupan Beragama Generasi Muda Di Indonesia. SOSIOGLOBAL :Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 7(1), 51–64.

Setyawan, S. (2005). Konteks Budaya Etnis Tionghoa dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 164–170.

Sholikhah, A. (1970). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953

Sihotang, A. P., Agung, D., Barus, H., Sidabutar, D., Purba, N. Y., & Batubara, A. (2023). Analisis Berita Hoax kepada Siswa terhadap Perilaku Bullying di Sekolah di SMP Nasrani 2 Medan. 2(2), 67–77.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Sulistiogo, A. (2019). Kinerja UMKM: Dampak kualitas SDM dan akses informasi terhadap akses permodalan. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–11.

Vera Dwi Apriliani, G. S., & Acep, M. E. (2023). Menghargai Perbedaan: Membangun Masyarakat Multikultural. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(02), 425–432.

Vlasova, O. S., & Bichkaeva, F. A. (2021). Возрастные Изменения Параметров Углеводного Обмена И Обеспеченности Витаминами В1, В2 У Жителей Двух Северных Регионов. Klinicheskaia Laboratornaia Diagnostika, 66(8), 465–471. https://doi.org/10.51620/0869-2084-2021-66-8-465-471

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Widyaningrum, W., Utomo, S. T., & Azizah, A. S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Remaja melalui Kegiatan Rutin Pembacaan Kitab Maulid Diba’ di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 1(2), 84–94. https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i2.34

Wiguna, I. B. A. A., & Andari, I. A. M. Y. (2023). Moderasi Beragama Solusi Hidup Rukun Di Indonesia. Widya Sandhi Jurnal Kajian Agama Sosial Dan Budaya, 14(1), 40–54. https://doi.org/10.53977/ws.v14i1.949

Wijaya, A., & Sumarno, S. (2017). Evaluasi dampak pendidikan dan pelatihan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru Matematika di PPPPTK Matematika Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 127–141. https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.10113

Wulan Dewi, L. M. A., & Astuti, N. P. E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sdn 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 31–39. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.128

Yuhandra, E., Akhmaddhian, S., Fathanudien, A., & Tendiyanto, T. (2021). Penyuluhan Hukum Tentang Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Gadget Dan Media Sosial. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04(01), 78–84.




DOI: https://doi.org/10.62086/mjpkm.v3i1.670

DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/mjpkm.v3i1.670.g144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sholeh Fikri, Icol Dianto, Mohd Rafiq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

 

Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak

Alamat: Jl. Mandailing Km 37 Desa Aek Badak Julu Kec. Sayur Matinggi, kode pos 22774, Kab. Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara