PENGABDIAN ANGGOTA PRAMUKA UIN KE SEKOLAH

Putri Oktavia Harahap

Abstract


This research discusses the dedication of UIN Scout members to school as a form of theircontribution to supporting education. This abstract outlines the objectives, methods,findings and impacts of these service activities, providing a comprehensive picture of thepositive role of Scouts in improving the quality of education in the school environment.The research method used by researchers is literature study. The results and discussionin this research are to create the characteristics that exist in Tri Satya and Dasa Dharma.

Keywords


service, scouts, school

Full Text:

PDF

References


Afdal, A., & Widodo, H. (2019). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pramuka di SD

Negeri 004 Samarinda Utara Tahun 2019. PENDAS MAHAKAM: Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), hlm. 68-81.

Ahmad Yasar Ramdan, dkk. (2023). Peningkatan Kegiatan Ekstrakulikuler

Pramuka di Sekolah Dasar SEbagai Penguatan Karakter Peserta didik,

dalam Al-Tafani: Jurnal Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat, 1

(1), hlm. 17-27.

Amreta, M. Y. (2018). Pengaruh kegiatan pramuka terhadap karakter siswa

madrasah ibtidaiyah di era digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1),

hlm. 26- 38.

Darmawan, D., Robiansyah, F., & Halimah, N. (2021). Pembinaan Nilai-Nilai

Karakter Siswa Melalui Kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu: Studi Kasus

di SDN Tobat IV Balaraja. Didaktika, 1(3),hlm. 559-571.

Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Anggota

Gerakan Pramuka di Kelas VI SDN 050618 Kampung Bamban Tahun

Pelajaran 2020/2021, dalam Jurnal Serunai Pancasila dan

Kewarganegaraan, 9(2), 61-70.

Fauzi, H., Nirwandi, N., Suwirman,

Ismoko, A. P., & Putro, D. E. (2017). Penanaman Dasa Dharma Pramuka di SMK

Negeri 2 Pacitan. Journal of Social Empowerment, 2(2), hlm. 192-196.

Muhaemin, M. (2021). Pembinaan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Meningkatkan

Kepribadian Siswa di SMP Negeri 3 Karangtengah Cianjur, dalam Jurnal

Pendidikan Politik, Hukum dan Kewarganegaraan, 11(1).

Purwanti, L., Sembiring, M. F., & Agustinwati, A. (2020). Implementasi Kegiatan

S., & Pitnawati, P. (2022). Motivasi Peserta Didik dalam Pengembangan Diri

Pramuka, dalam Jurnal JPDO, 5(9), hlm. 1-7.

Semarang, dalam DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(4),

-526.

Sriparamita, V. M., Mushafanah, Q., & Kiswoyo, K. (2021). Analisis

UpayaPembentukan Karakter Disiplin dalam Kegiatan Ekstrakulikuler

Pramuka di SD Negeri Kedungmundu

Tarsan, V., Dafrosi, M. I., & Baci, R. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter

melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka (Studi Kasus di SDK Wae

Kajong). JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), 60-70.




DOI: https://doi.org/10.62086/mjpkm.v4i1.619

DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/mjpkm.v4i1.619.g363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Putri Oktavia Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

 

Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak

Alamat: Jl. Mandailing Km 37 Desa Aek Badak Julu Kec. Sayur Matinggi, kode pos 22774, Kab. Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara