Tantangan Pelaksanaan Program Adiwiyata di Sekolah Menengah
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan penerapan Adiwiyata di lingkungan sekolah yang dilakukan oleh siswa SMP N 35 Semarang. Penelitian ini juga mendeskripsikan faktor pendukung dalam pelaksanaan program Adiwiyata SMP N 35 Semarang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan sumber primer dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SMP N 35 Semarang dan didukung oleh data-data dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama tantangan program pelaksanaan program adalah anggaran dana yang belum teralokasikan dan rendahnya kesadaran siswa dalam peduli lingkungan sehingga menjadikan tantangan tersendiri bagi sekolah tersebut. Kedua faktor pendukung program pelaksanaan adiwiyata ini adalah adanya Kerjasama yang baik antar sekolah ,guru ,siswa, maupun unit yang terkait dengan lingkungan sekolah, serta adanya lahan yang memungkingkan untuk menjadi ruang hjau. Diharapkan, temuan ini dapat dijadikan rekomendasi bagi para pengelola Pendidikan di lingkungan sekolah menengah untuk merumuskan kebijakan dalam menghadapai tantangan program adiwiyata.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31-37.
DIAN, R. R. (2023). DAMPAK PROGRAM JUMAT BERSIH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MASYARAKAT DI KELURAHAN BAKUNG KECAMATAN TELUK BETUNG BARAT (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Indrajaya, I. (2021). SYARAT DAN BENTUK TUNTUTAN HAK GUGAT YANG DILAKUKAN OLEH ORGANISASI LINGKUNGAN HIDUP MENURUT UNDANG-UNDANG No. 32 TAHUN 2009. Doctrinal, 6(1), 24-33.
Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155-164.
Pelita, AC, & Widodo, H (2020). Evaluasi Program Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik …, journal2.um.ac.id, http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/15902
Rahmah, Y. D. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada Sekolah Dasar Negeri Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Rokhmah, UN (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan …, jurnal.stiq-amuntai.ac.id, https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/133
Salahuddin, M., & Yamin, M. (2021). Efektifitas media video pembelajaran matematika pada pembelajaran jarak jauh (daring) di masa pandemi di STKIP Harapan Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).
Salsabila, H. (2021). “Analisis Implementasi Nilai Education for Sustainable Development (ESD) Pada Sebuah Sekolah Adiwiyata di Jakarta Barat (Bachelor's thesis, FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).
Simanjuntak, M. H. I. M., Budi, G. S., & Miranda, Y. (2022). Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar Santa Maria Kota Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 3(1), 71-79.
DOI: https://doi.org/10.62086/mjpkm.v2i2.429
DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/mjpkm.v2i2.429.g104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Marpokat: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA
Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak