Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Rizki Amaliah, Sulham Efendi Hasibuan

Abstract


The purpose of this study is to identify parents' contributions to early character development. Early childhood refers to children between the ages of 0 and 6 who are still going through physical and mental development. Parents play a crucial influence in children's growth and development, particularly in the shaping of their character. A qualitative research methodology including library research was employed. Parents' use of the Al-Qur'an and the Hadith as the primary sources for instruction for their children at home cannot be separated. The character a kid develops in the subsequent stage of their life will be heavily influenced by the values taught in them by their parents while they are young.

 

Keywords: The role of parents; Character building; Early childhood; Early Childhood Education Programs

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kontribusi orang tua terhadap perkembangan karakter sejak dini. Anak usia dini mengacu pada anak-anak antara usia 0 dan 6 tahun yang masih mengalami perkembangan fisik dan mental. Orang tua memiliki pengaruh yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama dalam pembentukan karakternya. Metodologi penelitian kualitatif termasuk penelitian kepustakaan digunakan. Penggunaan Al-Qur'an dan Hadits oleh orang tua sebagai sumber utama pengajaran bagi anak-anaknya di rumah tidak dapat dipisahkan. Karakter seorang anak yang berkembang pada tahap kehidupan selanjutnya akan sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai yang diajarkan oleh orang tuanya ketika mereka masih muda.

 

Kata Kunci: Peran orang tua; Pendidikan karakter; Anak usia dini; Pendidikan Anak Usia Dini

  


Full Text:

PDF

References


Amelia, F. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 207–214. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/154

Apriloka, D. V., & Fitri, M. (2021). Peran Orang Tua Mempersiapkan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Perubahan di Era New Normal. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 4(1), 63–77. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.11293

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–431. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2 (Amelia, 2022).3483

Ginanjar, M. H. (2017). Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). https://doi.org/10.30868/ei.v2i03.27

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Mahanis, J. (2020). Peran Orang Tua Dan Guru dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik (Telaah Surat Ali-Imran Ayat 159). Ta’diban: Journal of Islamic Education, 1(1), 26–49. http://journal.stithidayatullah.ac.id/index.php/tadibanjournals/article/view/11

Mahmudin, H., & Muhid, A. (2020). Peran Orang Tua Mendidik Karakter Anak dalam Islam. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 11(2), 449–463. https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i2.624

Musawamah, M. (2021). Peran Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Karakter Anak di Kabupaten Demak. Al-Hikmah, 3(1), 54–70. https://www.neliti.com/id/publications/362968/

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.39-46

Ratnasari, W., Yuniarni, D., & Lukmanulhakim, L. (2019). Pemahaman Orang Tua Terhadap Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Sengah Temila. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(8). https://doi.org/10.26418/jppk.v8i8.34742

Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945

Samsudin, S. (2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.119

Santi, S. (2016). Peranan Keluarga dalam Pembentukan Karakter Anak. Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 108–125. https://doi.org/10.12345/al-munawwarah.v8i2.3252

Syahid, A., & Kamaruddin, K. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Islam Pada Anak. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 120–132. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.148

Tarmizi, A., & Sulastri. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1). https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial 4.0. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208–225. https://doi.org/10.52166/talim.v2i2.1644

Widianto, E. (2015). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1817

Yunita, K. S., & Afrinaldi, A. (2022). Peran Orang Tua Mendidik Anak Usia Dini di Jorong Sungai Kalang 2 Tiumang Dharmasraya. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 62–72. https://www.neliti.com/publications/439474/




DOI: https://doi.org/10.62086/mjpkm.v1i1.401

DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/mjpkm.v1i1.401.g48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marpokat: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat



All works are licensed under CC BY-SA

 

Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak

Alamat: Jl. Mandailing Km 37 Desa Aek Badak Julu Kec. Sayur Matinggi, kode pos 22774, Kab. Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara