Pentingnya Pendidikan Pada Anak Usia Dini
Abstract
Abstrack
Public awareness of early childhood education is still low, especially in Islamic education for children. This study aims to determine the Islamic education of children, instilling the values of faith, exemplary and giving advice. Characteristics of children in Indonesia have different variations according to the existence of the community. Indonesian society is a pluralistic society characterized by the existence of social units that have different backgrounds, such as ethnicity, religion, customs and culture as well as different geographical environments. Early childhood education is very important to stimulate development in early childhood, loving, honing and nurturing need to be applied to the early childhood education process to continue to develop children's creativity and intelligence. Both in terms of morals, decency and religion in early childhood. Early childhood education is still considered unnecessary in the general public, and most educators in kindergarten are unemployed housewives and do not graduate. Whereas an educator who is insightful and knows the methods of how to educate children is very much needed in the process of child growth and development.
Keywords: early childhood; islamic education; creativity.
Abstrack
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui kesadaran masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini terutama dalam pendidikan Islam untuk anak. Melalui tulisan ini diharapkan untuk mengetahui pendidikan Islam anak, penanaman nilai-nilai keimanan, keteladanan dan pemberian nasehat. Metode yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan anak usia dini masih dianggap tidak perlu di masyarakat awam, dan kebanyakan pendidik di sekolah TK adalah ibu rumah tangga pengangguran dan tidak lulusan sarjana. Padahal seorang pendidik yang berwawasan dan mengetahui metode-metode tentang cara pendidikan anak sangat di perlukan dalam proses tumbuh kembang anak. Kreativitas merupakan salah satu potensi anak yang harus dikembangkan sejak dini. Setiap anak memiliki bakat kreatif, bila ditinjau dari segi pendidikan, bakat kreatif dapat dikembangkan, oleh karena itu perlu dipupuk sejak usia dini. Melalui aktivitas bermain yang sistematis dan disesuaikan dengan kelompok usia pertumbuhan dan perkembangan maka potensi kreativitas anak akan berkembang secara optimal. Bermain sangat penting bagi anak. Penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Herbert Spencer (Catron & Allen, 1999) menyatakan bahwa anak bermain karena mereka punya energi berlebih. Anak bermain karena mereka berinteraksi guna belajar mengkreasikan pengetahuan. Jadi bermain sangat besar sumbangannya terhadap daya kreativitas anak usia dini.
Keywords: anak usia dini; pendidikan islam; kreativitas.
Full Text:
PDFReferences
Ajar,B.,&PPG, P. P. G. (2010) .Media pembelajaran anak usiad ini. 134. http://103.23.244.11/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf.
Dini, J. P. A. U. (2022). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: JurnalPendidikanAnakUsiaDini,6(1),420433.https://pdfs.semanticscholar.org/66c8/607ee75dd0c72f8a86ae53f3ccdc7005bbc2.pdf
Eliasa, E. I. (2012). Pentingnya bermain bagi anak usia dini. Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan,FIPUNY.http://staffnew.uny.ac.id/upload/132318571/penelitian/Microsoft+Word+-+PENTINGNYA+BERMAIN+BAGI+ANAK+USIA+DINI.pdf
Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan,8(2),5069..https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/altadib/article/view/410/395
Islam, M. P., & Padang, I. B. (2022). Manajemen Layanan Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis ICT pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Obsesi: Jurnal PendidikanAnakUsiaDini,6(5),40674076.https://scholar.archive.org/work/ru4w37e7sba73hj3ksr2lueere/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/2354/pdf
Muhammad, D. H., Deasari, A. E., & Dirgayunita, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Psikologi Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1), 21–33. https://pdfs.semanticscholar.org/66c8/607ee75dd0c72f8a86ae53f3ccdc7005bbc2.pdf
Priyanto, A. (2014). Pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui Aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2913/2434
Sulaiman, W. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 2356–1327.https://scholar.archive.org/work/b26jemylqbgptkv5nxcvh34i64/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/2418/pdf
Zainuddin, Z. (2022). Pola Dasar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Anak Sholeh Perspektif Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 329–342.https://scholar.archive.org/work/vttfxrzzujfjpfsy65zjjhromu/access/wayback/http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/IJEC/article/download/1780/pdf
DOI: https://doi.org/10.62086/mjpkm.v1i1.400
DOI (PDF): https://doi.org/10.62086/mjpkm.v1i1.400.g49
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Marpokat: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

All works are licensed under CC BY-SA
Penerbit: Yayasan Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak