Pelatihan Media Sosial Instagram dalam Pemanfaatan Fiturnya sebagai Peluang Usaha
Abstract
Instagram merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk berbagi foto dan video. Kini Instagram sedang berkembang sebagai media para pembisnis untuk mengomunikasikan bisnis melalui kegiatan promosi di aplikasi Instagram. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan motivasi tentang pemanfaatan Instagram sebagai wadah peluang usaha khususnya dibidang online. Metode yang dilakukan pada pengabdian masyarakat ini yaitu metode ceramah berupa penyampaian materi tentang pemanfaatan fitur-fitur Instagram sebagai peluang usaha atau bisnis, selain metode ceramah juga menggunakan metode diskusi berupa tanya jawab dengan mahasiswa sebagai peserta pengabdian. Berdasarkan hasil pengabdian kepada masyarakat ini maka dapat disimpulkan bahwa ternyata masih banyak mahasiswa peserta yang belum paham optimasi instagram bisnis. Instagram hanya digunakan sebagai akun pribadi saja, namun setelah mengikuti acara Pengabdian Kepada Masyarakat ini hingga akhir, peserta mulai paham dan melakukan banyak perubahan terhadap instagramnya, yang mana sebelumnya instagram personal berubah menjadi instagram bisnis.
Full Text:
PDFReferences
Andriana, A. N. dkk. (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), 1477–1486.
Hubner, I. . dan J. (2021). Pelatihan Penggunaan Instagram Dalam Promosi Produk Kuliner. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 162–176.
Novita, D dan Yuliani, N. (2021). Pemanfaatan Instagram Di Dalam Mengelola Bisnis Online Bagi UMKM. Forum Ilmiah, 18(1), 55–63.
Solekhan dan Winarso. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Sangkar Burung di Kabupaten Kudus. Prosiding SNATIF, 3, 445–448.
Yusa, V. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Komunitas Kuliner Sehati. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 2(2), 217–223.
Zuhri, M. . (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Library Community (Studi Kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo @Koperjas). Ejournal3, 35–41.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
All works are licensed under CC BY-SA